Selasa, 22 Oktober 2013

Furniture Unik dari Bambu



Berawal dari sebuah keterbatasan materi. Pada kisaran tahun 1991-an. Seorang pemuda di daerah timur Pulau Jawa, tepatnya di Puwosari Pasuruan Jawa Timur. Mengubah pandangan masyarakan tentang kegunaan bambu bengkok yang sering kali dibuang atau digunakan untuk kayu bakar. Namun di tangan pemuda ini yang sebelumnya adalah seorang pekerja serabutan di sekitar tempat tinggalanya, tak sengaja menemukan ide untuk memanfaatkan bambu bengkok tersebut.


Yang awalnya dari sebuah pepatah sederhana, ‘Tak ada kayu, rotan pun jadi’, menjadi inspirasi untuk mengembangkan sebuah gairah seni yang dia miliki. Yaitu Karya Seni Alam dari Bambu. Bambu yang dicari adalah bambu yang secara umum tidak diminati orang lain. Tetapi sangat menjadi perhatian baginya, sehingga menjadi banyak karya yang unik. Bambu Bengkok. Anda bisa perhatikan gambar-gambar ini.





Ini adalah bukti nyata, bahwa tak ada satu pun ciptaan-Nya yang tidak memiliki manfaat. Dan beberapa diantaranya sudah pernah sampai ke Negara Itali.


Karena umumnya bambu hanya digunakan untuk penyangga rumah, kipas, tusuk sate dan lain sebagainya. Tapi bambu bengkok tidak digunakan seperti itu. Namun di tangan seorang pengrajin, menjadi sebuah benda  yang mahal.



Pulau Bali adalah tujuan utama pendistribusian furniture unik ini.  


Di tahun 1997-1998 lalu, bersamaan dengan terjadinya krisis moneter negara ini, dan minimnya komunikasi, pengrajin banting stir untuk memperbaiki ekonominya yang mulai melemah. Tidak mudah pula untuk mendapatkan bahan bambu bengkok. Karena tak jarang yang dijadikan kayu bakar.

 Setelah sekian lama berperang dengan kebutuhan hidup, kini di tahun 2011-2013 dia mulai kembali berkarya. Saat ini usianya memasuki tahun ke-60. Tak sedikit orang-orang yang memuji karyanya. Hanya satu motto hidupnya “Dengan melihat Alam di sekitar kita adalah ayat-ayat yang harus ku baca




Cerita ini adalah juga sebagai motivasi untuk para pemuda Indonesia. Walaupun kita menghadapi kesulitan, tapi yakinlah bahwa sesuatu yang ada di pikiranmu tidak akan berhenti sebagai angan-angan saja (anna)








ZEMBRAWUTZ

Beliau menamai karyanya dengan sebutan Zembrawutz. Asal kata dari Semrawut (acak adul) ini karena dari beberapa hasil karya yang dibuatnya dari bambu yang bengkok. Karena penataannya sangat rumit dari lengkok bambu yang tak beraturan. Dengan alur-alur yang dirangkai, hingga menjadi karya yang apik, unik, dan mahal.



 


Tidak ada komentar: