Selasa, 29 Oktober 2013

Zembrawutz Koleksi Bambu Unik Yang Memiliki Banyak Manfaat



Zembrawutz adalah asal kata dari bahasa Jawa yaitu ‘Semrawut’ (acak adul). Kata ini digunakan sebagai nama untuk karya-karya beliau karena dari beberapa hasil karyanya terbuat dari bambu yang bengkok. Juga dari penataannya yang sangat rumit, dan dari lengkok bambu yang tak beraturan dan terkesan acak-acakan, namun dapat menjadi karya yang apik, unik, dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Betapa sangat banyak rerimbunan pohon bambu yang tumbuh subur. Hampir setiap sudut pembatas persawahan, merupakan tanaman yang menghiasi pemandangan. Di lereng-lereng, tebing dan jurang. Bahkan hampir setiap tepian kali dan sungai seakan-akan hutan panjang yang tak ada batas. Salah satu jenis tanaman yang kuat. Serabut-serabut akar yang saling berkaitan serta ranting-ranting yang menjadikannya kokoh.
Kebanyakan orang memanfaatkan bambu untuk berbagai kebutuhan yang sangat beragam. Namun yang diambil hanyalah bagian atas bambu, dan yang masih dalam kondisi baik dan posturnya lurus. Tak jarang pangkal bambu atau pun postur bambu yang bengkok ditinggalkan. Sehingga semakin lama umur bagian bawah dari bambu tersebut melebihi bambu yang tumbuh di atasnya. Jadi mutu pangkal bambu / bongkotan pasti sangat kuat. Rata-rata hampir tidak berlubang bagian tengahnya.Bambu tersebut yang sering digunakan untuk bahan-bahan pembuatan kursi unik ini.
Bambu-bambu yang tumbuh tidak normal, ruas-ruasnya pendek dan rata-rata tidak tentu diminati orang bahkan mungkin diabaikan. Disini ketekunan pengrajin dengan berbagai inspirasi dapat menjadi karya yang luar biasa dari bentuk dan modelnya.
Untuk menghargai sesuatu tidak sekedar memikirkan nilai harga dari sebuah karya, melainkan manfaatnya. Misalnya hasil produksi dengan mudah diketahui nilai jual, namun khususnya karya seni Zembrawutz ini lebih mengarah ke nilai seni yang tinggi. Begitu juga bahannya yang tidak mudah didapatkan.
Harus dengan kesiapan mental serta perlengkapan alat yang dibutuhkan. Menelusuri rerimbunan pekarangan bambu di berbagai pelosok lahan-lahan perkampungan. Sepanjang hari menelusuri, untuk mendapatkan bambu yang unik dan sesuai sangatlah sulit, dan hanya bergantung dengan keberuntungan. Kalaupun ada, sebuah bambu yang diperlukan di sini mulai satu tantangan. Dalam sebuah bambu, karena posisinya yang sulit, proses memotong pun harus melibatkan bambu lainnya. Sehingga harga beli bahan melebihi yang dibutuhkan. Terkadang juga sering tidak mendapatkan hasil samasekali.
Dari tiap-tiap bahan yang terkumpul, mulai merangkainya dengan menyesuaikan pola bahan. Karena bentuk polanya tidak beraturan, ada kesulitan tersendiri untuk merangkainya menjadi hal yang unik. Bahkan tak jarang pula bentuk sudah jadi, namun sering kali diubah. Dengan tujuan, menciptakan sesuatu yang nampak bagus, unik, cantik, fungsi dan manfaatnya jelas sekaligus koleksi yang luar biasa. Dari sisi mutu dan kuwalitas sudah termasuk upaya pengawetan bahan bambu yang sangat sempurna.
kembali ke halaman utama blog

Tidak ada komentar: